Dampak Pergantian Domain Dari Blogspot Ke Domain TLD

Dampak Mengubah Domain Dari Blogspot Ke Domain TLD - Alhamdulillah pada kesempatan ini saya akan mengulas sedikit tentang Dampak Pergantian Domain Dari Blogspot Ke Domain TLD. Sebelumnya apakah anda sudah tahu apa itu domain TLD? TLD adalah singkatan dari TOP LEVEL DOMAIN. yaitu adalah domain berbayar yang dapat di perpanjang dalam jangka tertentu. Sebelum anda pindah ke domain TLD tentu blog anda terlebih dulu menggunakan domain geratisan seperti blogspot, wordpress, dan lainya. silahkan anda baca artikel saya tentang cara membeli doman terbaru 2015 berikut.
Sebelum merevolusi domain anda dari blogspot ke domain TLD, tentu anda harus mengetahui terlebih dulu apa sih dampaknya jika kita mengubah domain dari domain geratisan ke domain berbayar. 

Dampak Pergantian Domain Dari Blogspot Ke Domain TLD


Sebenarnya ada beberapa dampak yang ditimbulkan bila melakukan pergantina domain. Dampak dampak tersebut dapat anda baca pada penjelasan saya berikut.

1. Alexa rank akan turun

Penurunan  pada alexa rank memang wajib, mengingat alamat url yang sebelumnya digantikan dengan url yang baru dan sehingga secara otomatis alexa rank akan turun drastis dan mulai lagi dari nol. dan ini merupakan sebuah resiko yang harus ditanggung jika ingin mengubahdomain anda ke domain TLD. Namun ini hanya bersifat sementara karena alexa rank akan kembali seperti semula secara bertahap.

2. Kecepatan indeks google semakin menurun

Jika baru mengganti domain ke tld tentu kecepatan indeks artikel memang agak lumayan lama bisa 1 hari atau bahkan sampai tiga hari. hal ini tentu berbeda jauh dengan blog yang sebelumnya domainya belum diganti. namun agar lebih cepat ke indeks seperti biasa setiap ada artikel baru terlebih dulu anda daftarkan di webmaster tool. masalah ini akan kembali seperti semula seiring dengan pulihnya alexa rank anda.

3. kehilangan langganan pembaca feedburner

Jika url blog anda diganti tentu secara otomatis anda akan kehilangan pelanggan di feedburner anda. namun anda tidak usah khawatir karena anda bisa membangun kembali seiring dengan perkembangan blog dengan domain baru anda. hanya dibutuhkan kesabara untuk membangun pengguna yang berlangganan di blog anda.

4. Pengunjung berkurang

Penurunan jumlah pengunjung wajar terjadi, karena adanya perubahan subdomain lama ke subdomain yang baru. juga karena pengindekan artikel tidak sekuat sebelum anda masih menggunakan domain lama yang memiliki ranking alexa lebih tinggi di banding yang sekarang. sehingga artikel kita yang sebelumnya sudah terindeks google akan di hapus secara bertahap oleh google dan menggantikanya dengan alamat url domain yang baru.


Itulah Dampak Pergantian Domain Dari Blogspot Ke Domain TLD, jadi sebelum anda melakukan perubahan domain pikir pikirlah dulu, namun alangkah baiknya anda menggunakan domain TLD atau berbayar agar blog anda lebih terlihat profesional.

Semoga artikel saya dapat bermamfaat bagi anda. saya minta partisipasinya untuk berlangganan artikel serta mengikuti atau follow akun saya. gna mendapatkan berita terbaru dari blog saya. terimakasih wasalam....

39 Responses to "Dampak Pergantian Domain Dari Blogspot Ke Domain TLD"

  1. dampaknya kurang baik juga ya mas....padahal saya berencana ganti ke TLD.....berarti backlink kita juga akan hilang ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. backlink sudah pasti tentu akan hilang. maaf backlink lupa saya cantumkan pada artikel di atas :)

      Delete
  2. dampaknya kurang baik juga ya mas....padahal saya berencana ganti ke TLD.....berarti backlink kita juga akan hilang ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau ganti ya ganti aja mas...
      menurut pengalaman saya masalah backlink gak mengalami perubahan, cuma pada awalnya backlink tidak terbaca pada webmaster, tapi lambat laun terindex juga mas

      Delete
    2. bener yang dibilang mbak wiwi

      Delete
  3. semua itu sudah saya alami dan yang paling terasa adalah poin yang ke 4.

    ReplyDelete
  4. Custom domain sama saja membangun blog baru hanya bedanya sudah ada artikelnya sehingga tinggal submit ulang namun posisi di serp sama dengan blog baru jadi kalau berniat custom domain lebih baik sebelum blog ada artikelnya atau masih sedikit.

    ReplyDelete
  5. bener-bener jadi mulai dari awal gitu yah

    ReplyDelete
  6. uWaoOW.. begitu toh.. jadi masukan buat ane.. Thanks..

    ReplyDelete
  7. Lebih baik langsung ke domain TLD atau klu blogspot ya blogspot aja ya mas. Soalnya bnyak jg kerugian yg harus didapat

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tapi setidaknya dilakukan secara bertahap :) trus make hosting gratis dari blogspot atau wordpress

      Delete
  8. mending kalau mau ganti ke TLD . pas buat blog baru langsung di TLD in ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga gan, tapi kalo seandainya belum ada dana kan bisa secara bertahap

      Delete
    2. terus kalau visitor kita dah banyak, di custom domain , kan bisa berkurang visitornya kang ? sayang sekali kan ehhehe

      Delete
    3. ndak papa semuanya pasti akan kembali secara bertahap, kayak pengalaman juga ada seorang teman dulu sebelum ganti domain visitornya nyampe 4 ribuan per hari, dan setelah ganti domain visitornya agak berkurang tapi dalam beberapa waktu semuanya akan dikembalikan malah visitornya sekarang semakin naik.
      walaupun kita ganti domain artikel kita tetp bakal nongkrong di halaman utama google kaya biasanya.

      Delete
  9. setiap langkah memang selalu ada resikonya yamas
    tak terkecuali custom domain

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya resiko untuk sementara, dalam waktu bertahap semuanya pasti akan kembali semula

      Delete
  10. kalo gasalah dampaknya cuma beberapa hari aja mas sehabis itu bakalan lancar kayak biasa. Ya namanya juga baru pindah rumah mesti benahin sana sini rapiin sana sini :D

    ReplyDelete
  11. betul sekali ms, saya pernah mengalami hal seperti itu , sakit hati ini ....

    ReplyDelete
  12. adsenseku yang lain justru tld.. walau alexanya jelek tapi hasilnya lebih bagus lho..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak itu semua karena menggunakan top level domain atau TLD kayak yang mbak bilang tadi :)

      Delete
  13. bener sekali gan, saya merasakan hal diatas, makasih sudah share buat edukasi yang lain

    ReplyDelete
  14. wah padahal saya mau ganti domain, tapi diliat begini ga jadi dah haha

    ReplyDelete
  15. iya bener mas. ganti domain atau ganti alamat blog sama aja sperti bikin blog baru

    ReplyDelete
  16. punya saya juga dulu kaya gitu mas, alexa n/a, trus lambat laun mulai nampak.hehe

    ReplyDelete
  17. jadi begitu dampaknya ya mas, makasih infonya
    jadinya nanti kalau udah punya domain tidak akan kaget kalau ada dampat seperti yang dijelaskan di atas

    ReplyDelete
  18. dampaknya jadi dari nol lagi dong.hadeuh...
    anggap aja lembaran baru..hehe

    ReplyDelete
  19. Blog ane kualat pakek domain gratisan idhostinger. bukanya tambah bagus malah diberi peringatan sama google. katanya sih URL barunya kadang-kadang diindex kadang -kadang enggak jadinya sesaat muncul sesaat lagi hilang. mau beli domain TLD enggak punya duit.

    #Curhatnyapanjangbanget...hehehe
    #BWdemimasukdaftarbloggerseringBW

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di blog ini sesuai dengan artikel yang anda baca. Barangkali ada yang ingin anda tanyakan jangan pernah sungkan untuk bertanya. Namun hal yang paling Admin tidak sukai adalah ketika ada komentar yang menggunakan link aktif, karena hal itu akan saya anggap sebagai spam. sehingga saya tidak akan menampilkanya melainkan akan saya hapus.

wdcfawqafwef